Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, BNN Serahkan Hasil Tes Urine ke Jokowi

Kompas.com - 19/12/2012, 09:11 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta hari ini akan melaporkan hasil tes urine PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Jakarta. Rencananya, Kepala Bidang Pencegahan BNNP DKI Jakarta Sapari Hartodiharjo secara langsung akan menyerahkan hasil tes tersebut kepada Gubernur DKI Joko Widodo, Rabu (19/12/2012) sekitar pukul 11.00 WIB.

"Iya betul, insya Allah hari ini kami serahkan hasilnya kepada Pak Gubernur," kata Sapari kepada Kompas.com. Untuk diketahui, pada 10 Desember 2012 lalu ratusan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menjalani tes urine di Balai Agung, Balaikota Jakarta. Tes ini dilakukan secara mendadak dan baru diketahui para anggota Satpol PP ketika telah berada di lokasi tes.

Sebelumnya, BNNP DKI Jakarta telah melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Dalam kesempatan itu, terungkap bahwa angka pengguna narkoba di Jakarta tertinggi dibandingkan provinsi lainnya. Hal itu merujuk pada data BNN Pusat dan Pusdikes Universitas Indonesia tahun 2012. Pengguna narkoba di Jakarta mencapai angka tujuh persen dari jumlah penduduknya yang hampir mencapai 10 juta jiwa. Jika dikalkulasi, jumlah pengguna narkoba di DKI melebihi 500.000 jiwa.

Terkait hal itu, BNNP DKI Jakarta terus merancang kerja sama dengan Pemprov DKI untuk menekan jumlah pengguna narkoba. Salah satunya dengan menjalankan Program Pemberantasan Penggunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang telah dilakukan sejak 2009.

Gayung bersambut, karena Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta BNNP DKI Jakarta untuk melakukan aksi konkret melebihi apa yang dilakukan selama ini. Semua dilakukan semata-mata untuk memberi tekanan penuh pada penyalahgunaan narkoba. Secara tegas, Basuki sempat meminta BNNP DKI Jakarta untuk melakukan tes penyalahgunaan narkoba kepada semua PNS di Jakarta secara mendadak.

Berita terkait, baca:

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com