Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satpol PP DKI Bantu Polisi Amankan Perayaan Natal

Kompas.com - 18/12/2012, 12:14 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.312 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta akan disiagakan untuk membantu pihak kepolisian mengamankan Hari Raya Natal 2012. Ribuan personel Satpol PP itu akan disebar di 24 gereja yang tersebar di lima wilayah di Ibu Kota.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Effendi Anas mengatakan, personel Satpol PP mulai melakukan penjagaan di tempat ibadah selama sembilan hari mulai tanggal 22-30 Desember 2012.

"Petugas yang disiagakan di masing-masing gereja, juga jumlahnya bervariasi, sesuai dengan kapasitas jemaat dan kerawanan lingkungan tersebut," kata pria yang akrab disapa Effan, di Jakarta, Selasa (18/12/2012).

Para personel Satpol PP, kata Effan, lebih banyak disiagakan di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. "Akan ada 24 titik yang dijaga. Untuk Jakarta Pusat, fokus pengamanan berada di Gereja Katedral, karena merupakan gereja terbesar di Jakarta," katanya.

Ia mengharapkan, pada perayaan Natal kali ini dapat berjalan aman, nyaman, dan lancar, serta tidak ada gangguan keamanan yang berarti. Meskipun demikian, kata dia, pihak Satpol PP bukanlah sebagai petugas penjaga keamanan yang utama. Satpol PP hanya membantu pihak kepolisian dalam hal ketertiban umum.

"Tugas kita hanya yang berkaitan dengan ketertiban umum," kata Effan.

Setelah mengamankan malam Natal, untuk pengamanan malam Tahun Baru 2013, penjagaan akan lebih dipeluas kembali. "Saat perayaan Natal, penjagaan hanya difokuskan di gereja saja, sedangkan saat malam Tahun Baru diperluas sampai ke tempat-tempat wisata. Karena diperkirakan akan terjadi lonjakan pengunjung pada momen tersebut," ujar Effan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com