Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekitar 1.500 Mobil Pribadi di Bogor Diuji Emisi

Kompas.com - 18/12/2012, 11:20 WIB
Antony Lee

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com — Sekitar 1.500 mobil pribadi di tiga ruas jalan arteri di Kota Bogor, Jawa Barat, menjalani uji emisi selama tiga hari, mulai Selasa (18/12/2012). Uji emisi dilakukan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Jawa Barat untuk memantau kualitas udara di Kota Bogor. Pada hari pertama, uji emisi dilakukan di Jalan Pemuda, Kota Bogor.

Agus Cahyadi, pelaksana evaluasi kualitas udara perkotaan dari BPLH Jabar, mengatakan, mobil yang lolos uji emisi akan mendapat stiker, sementara mobil yang tidak lolos akan diberi rekomendasi perbaikan. "Secara umum ada kecenderungan penurunan kualitas udara di Kota Bogor. Namun, hasil pemeriksaan terkini masih harus menunggu seluruh data masuk," kata Agus.

Menurut dia, pada 2011, jumlah partikel debu di Kota Bogor, dari hasil pantauan, mencapai 200 mikrogram per meter kubik per hari. Sementara ambang batasnya 150 mikrogram per meter kubik per hari. Sementara karbondioksida 1.000-5.000 mikrogram per meter kubik per hari. Masih di bawah baku mutu, tetapi memiliki kecenderungan tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com