Kompas.com - 18/12/2012, 11:20 WIB
Penulis Antony Lee
|
EditorRusdi Amral

BOGOR, KOMPAS.com — Sekitar 1.500 mobil pribadi di tiga ruas jalan arteri di Kota Bogor, Jawa Barat, menjalani uji emisi selama tiga hari, mulai Selasa (18/12/2012). Uji emisi dilakukan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Jawa Barat untuk memantau kualitas udara di Kota Bogor. Pada hari pertama, uji emisi dilakukan di Jalan Pemuda, Kota Bogor.

Agus Cahyadi, pelaksana evaluasi kualitas udara perkotaan dari BPLH Jabar, mengatakan, mobil yang lolos uji emisi akan mendapat stiker, sementara mobil yang tidak lolos akan diberi rekomendasi perbaikan. "Secara umum ada kecenderungan penurunan kualitas udara di Kota Bogor. Namun, hasil pemeriksaan terkini masih harus menunggu seluruh data masuk," kata Agus.

Menurut dia, pada 2011, jumlah partikel debu di Kota Bogor, dari hasil pantauan, mencapai 200 mikrogram per meter kubik per hari. Sementara ambang batasnya 150 mikrogram per meter kubik per hari. Sementara karbondioksida 1.000-5.000 mikrogram per meter kubik per hari. Masih di bawah baku mutu, tetapi memiliki kecenderungan tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X