Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangnya Komunikasi Perumit Polemik Pilgub Lampung

Kompas.com - 15/12/2012, 20:26 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com -  Kurangnya komunikasi antara penyelenggara pilkada dan pihak berkepentingan lainnya memperumit polemik jadwal pemilihan gubernur Lampung.

"Inti persoalannya sebetulnya karena tidak ada komunikasi yang baik antara KPU Lampung, Gubernur, dan pihak terkait yang lainnya. Ini menimbulkan polemik panjang (terkait jadwal pilgub Lampung)," tutur Arizka Warganegara, pengamat politik dari Universitas Lampung, Sabtu (15/12/2012).

Akibatnya, masing-masing pihak seolah memaksakan keinginannya terkait jadwal pilgub Lampung. Pihak KPU Provinsi Lampung bersikeras mengagendakan jadwal pilgub di 2013.

Sementara, pihak Pemprov Lampung tidak menyetujuinya mengingat masa jabatan gubernur saat ini baru berakhir pada Juni 2014. Pemajuan jadwal pilgub dikhawatirkan mengakibatkan dualisme pemerintahan.

"Solusi jalan tengahnya adalah tahapan pilgub dimulai Oktober 2013, lalu putaran pertama pemilihan pada Maret 2014 dan putaran kedua Mei 2014. Solusi kedua, agar jelas aturan mainnya, menunggu RUU Pemilu segera disahkan DPR," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com