Kompas.com - 15/12/2012, 20:26 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com -  Kurangnya komunikasi antara penyelenggara pilkada dan pihak berkepentingan lainnya memperumit polemik jadwal pemilihan gubernur Lampung.

"Inti persoalannya sebetulnya karena tidak ada komunikasi yang baik antara KPU Lampung, Gubernur, dan pihak terkait yang lainnya. Ini menimbulkan polemik panjang (terkait jadwal pilgub Lampung)," tutur Arizka Warganegara, pengamat politik dari Universitas Lampung, Sabtu (15/12/2012).

Akibatnya, masing-masing pihak seolah memaksakan keinginannya terkait jadwal pilgub Lampung. Pihak KPU Provinsi Lampung bersikeras mengagendakan jadwal pilgub di 2013.

Sementara, pihak Pemprov Lampung tidak menyetujuinya mengingat masa jabatan gubernur saat ini baru berakhir pada Juni 2014. Pemajuan jadwal pilgub dikhawatirkan mengakibatkan dualisme pemerintahan.

"Solusi jalan tengahnya adalah tahapan pilgub dimulai Oktober 2013, lalu putaran pertama pemilihan pada Maret 2014 dan putaran kedua Mei 2014. Solusi kedua, agar jelas aturan mainnya, menunggu RUU Pemilu segera disahkan DPR," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.