Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kodam Pattimura Ikut Amankan Natal di Ambon

Kompas.com - 14/12/2012, 11:04 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Jajaran Komando Daerah Militer XVI Pattimura, siap mengamankan situasi keamanan jelang perayaan Natal dan tahun baru di Kota Ambon dan Maluku pada umumnya. Pengamanan akan dilakukan TNI guna membantu tugas-tugas pihak kepolisian di Maluku menjelang hari besar keagamaan.

Panglima Kodam XVI Pattimura, Mayjen Eko Wiratmoko, mengatakan, dalam melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru, pasukan TNI akan disiagakan di sejumlah lokasi dan kawasan di Kota Ambon yang dianggap rawan.

"Yang pasti banyak lah personel kita yang akan membantu tugas-tugas polisi untuk mengamankan perayaan Natal dan tahun baru 2013," kata Eko usai menutup acara latihan tempur penumpasan pemberontak, di kawasan Dusun, Wainuru, Desa Liang Kabupaten Maluku Tengah, Jumat (14/12/2012).

"Kita sudah perintahkan kodim-kodim untuk berkoordinasi dengan polisi, dan kita juga sudah membuat pos-pos pengamanan," ungkapnya.

Eko mengakui, meski secara umum saat ini kondisi kemanan di Maluku dan Kota Ambon sangat kondusif, namun pihaknya akan tetap mewaspadai berbagai gangguan yang berpotensi terjadi di masyarakat jelang perayaan hari besar keagamaan. "Kita tidak boleh optimis, karena kalau optimis kita tidak akan waspada, memang kondisi Maluku dan Ambon sudah sangat kondusif sekali, namun kita harus tetap mewaspadai berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan bersama," ujarnya.

Ia berharap warga masyarakat dapat saling menghargai dan menghormati sehingga suasana kondusif yang selama ini ada dapat terus dipelihara dengan baik. "Kita berharap semuanya baik dan lancar, makanya kita ingin warga tetap kompak dan saling menghargai satu sama lain," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com