Kompas.com - 14/12/2012, 09:07 WIB
Penulis Frans Sarong
|
EditorAgus Mulyadi

KUPANG, KOMPAS.com — Setelah upaya penyeberangan secara ilegal ke Australia di Pulau Ndana, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Selasa lalu, berhasil dicegah, sebanyak 75 imigran gelap asal Myanmar pada Kamis (13/12/2012) malam diamankan di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Kupang, di Kota Kupang. Pihak Imigrasi setempat akan mendalami identitas mereka selama lima hari ke depan.

Kepala Imigrasi Kelas I Kupang Silvester Sili Laba di Kota Kupang, NTT, Jumat (14/12/2012) pagi, membenarkan pengamanan puluhan warga asing pencari suaka ke Australia tersebut.  Pulau Ndana adalah satu dari lima pulau terluar di NTT, atau paling selatan Indonesia, atau merupakan titik terakhir sebelum memasuki wilayah bagian utara Australia.

"Kami akan melakukan pemeriksaan intensif terhadap para imigran itu selama beberapa hari ke depan ini. Jika ada di antaranya mau kembali ke negara asalnya, pemulangannya akan segera diurus," kata Silvester.

Tujuh puluh lima imigran gelap itu terdiri atas 54 laki-laki, 11 perempuan, dan 10 anak-anak. Upaya penyeberangannya ke Australia menggunakan Kapal Motor Kromo, yang dinakhodai Lai Nurdin (35), asal Desa Kan Kuwae, Kecamatan Manginting, Kabupaten Muria, Sulawesi Utara. Ia dibantu seorang awak kapal bernama Zamsudin. Keduanya kini ditahan di Polres Rote Ndao.

Aparat mencegah dan menangkap puluhan imigran gelap itu setelah kapal yang mereka tumpangi bocor setiba di perairan sekitar Pulau Ndana, Selasa lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.