Kompas.com - 13/12/2012, 19:42 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com- Komisioner Komisi Pemilihan Umum Provinsi Lampung Firman Seponada mengatakan, mereka tidak munafik dan mengingkari kesepakatan islah terkait jadwal pemilihan gubernur Lampung.

"Kami tetap sepakat dan menghormati islah yang dihasilkan di Hotel Sheraton (Bandar Lampung) beberapa waktu lalu. Hanya, setelah pertemuan ini muncul fitnah bahwa kami telah menerima uang dan menyetujui pilgub tidak jadi di 2013," tuturnya, Kamis (13/12/2012).

Padahal, ucapnya, secara kelembagaan, KPU Lampung tetap pada pendiriannya bahwa jadwal pilgub semestinya dilaksanakan di 2013. "Islah itu kan hanya untuk membuat situasi dingin. Pak Sjachroedin (gubernur Lampung) sendiri bilang itu kan bukan keputusan, tetapi kesepakatan. Dirinya tidak menutup kemungkinan pilgub dilaksanakan 2013, asal jelas aturannya," tutur Firman.

Beberapa saat terakhir hubungan KPU Lampung dan Pemprov Lampung memang "panas". Ini terkait rencana KPU Lampung yang memajukan jadwal pilgub ke tahun 2013, yaitu setahun sebelum berakhirnya masa jabatan Gubernur Lampung saat ini.

Pada pertemuan di Hotel Sheraton pada 3 Desember lalu disepakati bahwa pilgub tidak jadi dilaksanakan 2013. Akan tetapi, dua hari terakhir sejumlah komisioner KPU Lampung menemui DPR dan KPU Pusat untuk mendorong pilgub dilaksanakan di 2013. Tak ayal, sejumlah pengunjuk rasa yang mendatangi Kantor KPU Lampung hari ini menyebut KPU Lampung munafik. Omongan mereka tidak bisa dipegang.

"Ini kan keputusan lembaga. Kalau saya pribadi sih inginnya itu (pilgub) dilaksanakan 2015 supaya kami bisa konsentrasi dulu menyiapkan pemilu legislatif dan presiden. Tetapi, kalau diputuskan berbeda, ya mau tidak mau harus siap," tutur Firman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.