Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Cepat, 3 Pilkada di Jatim Diprediksi Satu Putaran

Kompas.com - 13/12/2012, 09:21 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemilihan kepala daerah di tiga kabupaten di Jawa Timur kemungkinan besar hanya dilakukan satu putaran. Hal itu berdasarkan hasil hitung cepat yang dilakukan lembaga survei Proximity, dimana pasangan pemenang mampu unggul mutlak atas lawan-lawannya.

Seperti diketahui, pada Rabu (12/12/2012), tiga kabupaten di Jatim menggelar pemilihan Bupati. Masing-masing Kabupaten Nganjuk, Bangkalan dan Sampang.

Direktur Sosial Politik Proximity A Hasan Ubaid menguraikan, hitung cepat itu dilakukan di 150 TPS di tiap kabupaten. Untuk Kabupaten Nganjuk diambil sample 67.726 pemilih, Kabupaten Sampang sebanyak 69.115 pemilih dan Kabupaten Bangkalan sebanyak 71.794 pemilih.

“Kami menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin error 1 persen,” jelasnya, Rabu.

Hasil hitung cepat yang dilakukan pada Rabu hingga pukul 17.00 WIB menyebutkan, Pilkada Kabupaten Bangkalan secara telak dimenangi oleh pasangan nomor urut 3 Makmun Ibnu Fuad – Mondir A Rofii (Makmur) dengan perolehan 92,07 persen. Pesaingnya, pasangan nomor urut 2 Nizar Zahro-Zulkifli (Nikmat) yang hanya memperoleh 7,93 persen.

Pada Pilkada Kabupaten Nganjuk, pasangan nomor urut 2 yakni Taufiqurrahman-Abdul Wachid Badrus mengungguli lima lawannya, dengan perolehan 31,88 persen. Disusul dengan pasangan nomor urut 1 Siti Nurhayati-Sumardi yang memperoleh 24,29 persen dan nomor 3 Njono Djojo Astro-Syaiful Anam 22,41 persen.

Di Kabupaten Sampang, dari enam pasangan yang berlaga, pasangan nomor 1 Fannan Hasib-Fadilah Budiono unggul dengan 32,36 persen, kemudian pasangan nomor 6 Hermanto Subaidi-KH Sakfar Sodiq dengan 27,61 persen, dan pasangan nomor 3 Noer Tjahja-Heri Purnomo dengan 20,32 persen.

“Adanya hasil itu di tiga kabupaten membuat pilkada berlangsung satu putaran saja,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com