Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Ribu Warga Kota Batu Belum Urus E-KTP

Kompas.com - 13/12/2012, 08:38 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

BATU, KOMPAS.com — Akibat kerja di luar kota, sebanyak 15 ribu warga Kota Batu, Jawa Timur, belum mengurus kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Warga yang selesai melakukan rekam data e-KTP di kota wisata itu sebanyak 131 ribu orang, sementara warga wajib e-KTP di kota tersebut mencapai 146 ribu jiwa.

"Warga yang belum melakukan rekam data e-KTP ialah karena bekerja di luar Kota Batu," terang Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu, Tatik Retno Herawati, kepada Kompas.com, Kamis (13/12/2012).

Menurut Tatik, bagi warga yang sudah mengurus e-KTP, sejak 19 November lalu, kartu identitas elektronik itu sudah diterima warga saat ini juga. Setiap harinya, sedikitnya ada 500 orang yang dijadwalkan mengambil e-KTP di kantor kecamatan. Adapun syarat pengambilan e-KTP ialah warga diwajibkan membawa kartu keluarga (KK) dan KTP lama yang asli.

"Nantinya, KTP asli ditukar dengan e-KTP yang baru. Jika tidak membawa syarat itu, tidak bisa diambil," ujar Tatik.

Melihat banyaknya warga yang belum mengurus e-KTP, Tatik berharap, segera diurus. "Sebab, e-KTP akan diberlakukan pada awal tahun 2013 nanti," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com