Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Angka 12-12-12, 18 Ibu Dioperasi Caesar

Kompas.com - 12/12/2012, 16:13 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Seperti tanggal-tanggal "cantik" lainnya, tanggal 12 Desember 2012 atau 12-12-2012, juga diburu banyak orang untuk menandai sebuah peristiwa penting betul-betul diburu banyak orang. Tak terkecuali para ibu hamil yang ingin anaknya memiliki tanggal lahir  cantik, 12-12-12.

Di Kota Malang, Jawa Timur, ada 18 bayi lahir di angka yang dinilai "istimewa" itu. Total bayi lahir pada tanggal 12, bulan 12 tahun 2012 itu, adalah 21 bayi. Sebanyak 19 bayi dilahirkan di Rumah Sakit Melati Husada, sedangkan dua bayi dilahirkan di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang. Dari 21 bayi itu, hanya tiga bayi yang dilahirkan secara normal, sementara sisanya, 18 bayi, lahir melalui operasi caesar. 

Di RS Melati Husada, proses persalinan itu berlangsung sejak pukul 04.00 WIB dan ditangani enam tim dokter, jelas Manajer Operasional RS Melati Husada, Muhamad Mahbub, Rabu (12/12/2012).

Adapun operasi persalinannya, jelas dokter Mahbub, masing-masing membutuhkan waktu selama satu jam. "Para orangtua bayi, banyak memilih kelahiran sesuai tanggal yang ditentukan. Sudah dipesan satu minggu sebelumnya," terangnya.

Namun, katanya, ada sebagian tak sengaja melahirkan pada tanggal cantik tersebut."Tapi memang ada yang harus dioperasi. Misalnya, karena usia ibu melebihi 40 tahun, jalan lahir tertutup plasenta, detak jantung bayi lemah, air ketuban mengering dan kondisi sungsang atau terbalik," katanya.

Kondisi-kondisi itu, jelas Mahbub, memiliki risiko tinggi jika tidak dilakukan operasi caesar.

"Yang lahir hari ini, rata-rata bayi dilahirkan pada usia kehamilan yang cukup, yakni 9 bulan lebih. Jadi, proses operasi caesarnya berjalan normal dan sukses, tak ada kendala berarti," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com