Kompas.com - 10/12/2012, 12:32 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JEPARA, KOMPAS.com - Perputaran uang di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Rp 1,2 miliar per pekan. Perputaran uang itu tidak terlepas dari pengembangan wisata bahari di sejumlah pulau.

Camat Karimunjawa Nuryanto, Senin (10/12/2012), mengatakan, wisatawan yang datang di Karimunjawa selama sepekan antara 1.500-2.000 orang. Per paket wisata dua hari semalam, setiap wisatawan mengeluarkan Rp 600.000 - Rp 1,5 juta.

"Dengan paket wisata termurah, Rp 600.000, uang yang beredar di Karimunjawa Rp 900 juta - Rp 1,2 miliar per pekan. Itu baru berdasarkan penghitungan paket wisata, belum yang lain-lain," kata dia.

Untuk itu, Nuryanto, berharap para pemilik hotel, penginapan, dan restoran, turut berpartisipasi dalam pengembangan wisata Kerimunjawa. Misalnya membayar pajak dan retribusi, serta mengajukan izin mendirikan bangunan.

"Selama ini, dari 78 pemilik hotek, penginapan, dan restoran di Karimunjawa, baru 3-4 pemilik yang membayar pajak, restribusi, dan mengurus surat izin mendirikan bangunan," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X