Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perputaran Uang Karimunjawa Rp 1,2 Miliar Per Pekan

Kompas.com - 10/12/2012, 12:32 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

JEPARA, KOMPAS.com - Perputaran uang di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Rp 1,2 miliar per pekan. Perputaran uang itu tidak terlepas dari pengembangan wisata bahari di sejumlah pulau.

Camat Karimunjawa Nuryanto, Senin (10/12/2012), mengatakan, wisatawan yang datang di Karimunjawa selama sepekan antara 1.500-2.000 orang. Per paket wisata dua hari semalam, setiap wisatawan mengeluarkan Rp 600.000 - Rp 1,5 juta.

"Dengan paket wisata termurah, Rp 600.000, uang yang beredar di Karimunjawa Rp 900 juta - Rp 1,2 miliar per pekan. Itu baru berdasarkan penghitungan paket wisata, belum yang lain-lain," kata dia.

Untuk itu, Nuryanto, berharap para pemilik hotel, penginapan, dan restoran, turut berpartisipasi dalam pengembangan wisata Kerimunjawa. Misalnya membayar pajak dan retribusi, serta mengajukan izin mendirikan bangunan.

"Selama ini, dari 78 pemilik hotek, penginapan, dan restoran di Karimunjawa, baru 3-4 pemilik yang membayar pajak, restribusi, dan mengurus surat izin mendirikan bangunan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com