Kompas.com - 09/12/2012, 10:41 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

JEPARA, KOMPAS.com — Wisata bahari Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mendukung Visit Jawa Tengah 2013.

Potensi wisata itu perlu didukung dengan paket wisata dari agen dan biro perjalanan di kota-kota langganan destinasi wisata.

Camat Karimunjawa Nuryanto, Minggu (9/12/2012), mengatakan, potensi wisata bahari Karimunjawa beragam. Misalnya, menyelam, terumbu karang, tracking mangrove, desa wisata Bugis, serta penangkaran hiu dan penyu.

Setiap akhir pekan, Sabtu-Minggu, setidaknya 1.500-2.000 wisatawan domestik ataupun mancanegara datang ke Karimunjawa. Mereka tinggal di home stay, hotel, dan resor yang tersebar di Pulau Karimunjawa.

"Kami berharap Visit Jawa Tengah 2013 dapat menambah wisatawan ke Karimunjawa sebanyak 30 persen dari biasanya," kata Nuryanto.

Untuk mendukung itu, Lembaga Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Regional Kementerian Jerman (GIZ RED) Jateng merintis paket wisata Demak-Karimunjawa. Paket itu akan dikemas para agen dan biro perjalanan yang berada di Solo Raya.

Selama dua hari, 8-9 Desember, sebanyak 20 agen dan biro perjalanan yang tergabung dalam Asosiasi Biro Perjalanan (Asita) Solo Raya mengunjungi obyek-obyek wisata di Karimunjawa. Mereka akan memulai menawarkan paket wisata Demak-Karimunjawa pasca-kunjungan.

"Beberapa agen dan biro perjalan sudah menjalin kerja sama langsung dengan pelaku wisata di Karimunjawa. Beberapa dari mereka siap mendatangkan wisatawan," kata Koordinator GIZ RED Jawa Tengah Nanik Rahmawati.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X