Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedekah Laut Dukung Visit Jateng 2013

Kompas.com - 07/12/2012, 16:30 WIB

CILACAP, KOMPAS.com - Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengatakan Gelar Budaya Sedekah Laut yang merupakan agenda pariwisata tahunan di Cilacap akan dipromosikan semaksimal mungkin untuk mendukung "Visit Jawa Tengah 2013".

"Kami akan agendakan lebih besar, kami akan undang semua bahwa di sini ada satu pesta yang namanya pesta sedekah laut. Ini akan go international sebagai bagian dari Visit Jateng 2013," kata Tatto usai prosesi Gelar Budaya Sedekah Laut di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jumat (7/12/2012).

Ia mengatakan, sedekah laut merupakan budaya yang harus diselamatkan dan dilestarikan karena sebagai ajang untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang diberikan selama ini.

Menurut Tatto, saat ini banyak orang yang melupakan segalanya. "Dengan kegiatan seperti ini, kita diingatkan bahwa Tuhan menciptakan alam beserta isinya termasuk laut, sehingga harus dijaga oleh kita semua," katanya.

Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten Cilacap akan melakukan penataan di kawasan Pantai Teluk Penyu guna meningkatkan kesejahteraan nelayan maupun pedagang. "Penataan dilakukan agar Cilacap terlihat indah dan damai sehingga wisatawan banyak yang tertarik untuk berkunjung ke Pantai Teluk Penyu," katanya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Cilacap, Imam Yudianto mengakui, pengunjung Gelar Budaya Sedekah Laut kali ini tidak seramai tahun-tahun sebelumnya. Imam menduga hal itu terjadi lantaran sempat terjadi tawuran antarwarga Bakung dengan Donan beberapa pekan lalu sehingga berpengaruh terhadap keramaian.

"Yang kedua, dukungan sponsor terhadap kelompok-kelompok nelayan guna penyelenggaraan sedekah laut sangat kurang jika dibanding tahun lalu. Namun yang terpenting kegiatan inti ritual adat nelayan ini bisa terlaksana, keramaian hanya bumbu saja," katanya.

Dalam hal ini, lanjut Imam, Pemkab Cilacap mengalokasikan anggaran sebesar Rp 150 juta untuk penyelenggaraan Gelar Budaya Sedekah Laut. Sebagian alokasi dana yang bersumber dari APBD Cilacap tersebut diberikan kepada delapan kelompok nelayan masing-masing sebesar Rp 4 juta sebagai bantuan untuk penyelenggaraan kegiatan sedekah laut.

Menurut Imam, setiap kelompok nelayan juga mendapat dana dari sponsor untuk menggelar berbagai kegiatan di wilayahnya dalam rangkaian Gelar Budaya Sedekah Laut.

Gelar Budaya Sedekah Laut sudah masuk ke dalam agenda wisata budaya nasional yang digelar di Cilacap. "Ada dua yang telah masuk agenda nasional, yakni Sedekah Laut dan Festival Perahu Naga," katanya.

Imam menambahkan, kegiatan ini juga menjadi bagian dari promosi pariwisata guna menyambut Visit Jateng 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com