Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Tembakau di Lamongan Capai 13.703 Ton

Kompas.com - 06/12/2012, 18:17 WIB
Adi Sucipto

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com — Tembakau dinilai memberikan manfaat ekonomi terkait penyerapan tenaga kerja di masyarakat dan tambahan dana bagi hasil cukai tembakau bagi Pemerintah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Produksi tembakau di Lamongan pada 2012 mencapai 13,703,85 ton, didukung 40 pabrik rokok yang mampu menyerap 4.481 pekerja.

Kepala Subbagian Sumber Daya Alam Bagian Perekenomian Kabupaten Lamongan Hertin Kusumaningtyas, Kamis (6/12/2012), menjelaskan, dana bagi hasil diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 6 Tahun 2012 tentang Pedoman Umum Penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) di Jatim.  

Tahun 2013, dana bagi hasil dialokasikan untuk perencanaan program, terutama mendudkung infrastruktur dan suprastruktur pertanian. Ketua Asosiasi Pengusaha Tembakau Indonesia (APTI) Jatim Amin Subarkah, dalam Sosialisasi dan Asistensi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau di Lamongan, menyatakan bahwa perubahan pasar tembakau harus disikapi.

Dalam perkembangan industri hasil tembakau dituntut adanya penyesuaian permintaan jenis, spesifikasi standar mutu, dan karakter tembakau. Tujuannya, untuk menghasilkan produk sesuai permintaan konsumen ataupun mengantisipasi isu rokok dan kesehatan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com