Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Amblas di Way Basohan Sudah Bisa Dilintasi

Kompas.com - 06/12/2012, 10:27 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

LIWA, KOMPAS.com- Jalan amblas di Way Basohan, Pesisir Selatan, Lampung Barat, kini sudah bisa dilintasi kendaraan roda empat. Namun, kondisi timbunannya masih sangat labil.

Seperti terlihat Kamis (6/12/2012), mobil-mobil dan truk mulai melintasi jalan yang sebelumnya terputus akibat amblas diseret banjir bandang ini. Jalan ini sebetulnya sudah bisa dilewati Rabu malam kemarin, tetapi pada Kamis dini hari, timbunan batu dan tanah sempat mengalami longsor kembali. Sehingga, jalan sempat ditutup beberapa saat sebelum ditimbun ulang.

"Meskipun sudah diberonjong, tadi subuh sempat longsor lagi timbunannya. Itu ambrol gara-gara truk fuso besar-besar lewat," ujar Jeri (25), warga Lampung Barat, yang antre menunggu untuk melintas.

Karena masih labil dan bersifat sementara, tidak semua jenis kendaraan bisa melewati jalur ini. Kendaraan yang diizinkan melintas maksimal bertonase 2 ton. Namun, kenyataannya, masih ada truk fuso berbobot MST (muatan sumbu terberat) di atas 5 ton yang melintas. Truk-truk itu terpaksa melintas karena sudah menunggu sejak Minggu (2/12/2012) lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com