Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI: TNI Akan Bersikap Persuasif

Kompas.com - 05/12/2012, 21:35 WIB
Harry Susilo

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono menyatakan, TNI akan bersikap persuasif jika terdapat pihak yang bersikeras menggunakan lambang organisasi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dalam bendera Aceh.

Lambang dan bendera Aceh itu tertuang dalam rancangan qanun (peraturan daerah) Aceh. Bentuk bendera Aceh berwarna dasar merah persegi empat dengan dua buah garis lurus masing-masing di bagian atas dan bawah, satu garis hitam masing-masing di bagian atas dan bawah, serta gambar bulan dan bintang.

Untuk lambang, akan terdiri dari gambar singa, burak, rencong, gliwang, perisai, rangkaian bunga, daun padi, jangkar, huruf tulisan Arab, kemudi, dan bulan bintang dengan semboyan "Hudep Beu Sare Mate Beu Sajan".

"Tentunya rancangan qanun soal bendera itu harus disetujui pemerintah pusat. Jadi, tindakan kami sesuai dengan keputusan dari pemerintah. Intinya, kami berusaha untuk bersikap persuasif," ujar Agus Suhartono, di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (5/12/2012).

Menurut Agus, sejauh ini belum ada yang perlu dikhawatirkan di Aceh. Sikap TNI tetap akan bersifat persuasif. "Termasuk jika ada yang menaikkan bendera, kami turunkan dan kami lakukan pendekatan persuasif," ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com