Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karang Jamuang Disulap Jadi Pulau Wisata Bahari

Kompas.com - 05/12/2012, 18:53 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pulau Karang Jamuang sebentar lagi tidak hanya berfungsi sebagai tempat singgah petugas pemandu kapal yang akan masuk Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS). Pulau seluas 7,8 hektare yang terletak sekitar 20 mil laut arah barat Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya itu akan disulap menjadi kawasan wisata bahari.

Saat ini, sejumlah fasilitas mencakup jalan setapak, gazebo dan tempat transit sudah disiapkan. PT Pelindo III melalui anak perusahaannya PT Pelindo Marine Service (PT PMS) akan terus menambah fasilitas untuk menjadikan Pulau Karang Jamuang sebagai lokasi wisata yang mengusung konsep informasi maritim, Ramah Lingkungan, Inovasi berbasis SDA, dan Mandiri.

"Anggaran pendukung untuk tahun ini hanya Rp 200 juta, tahun depan akan terus ditambah," kata Manajer Humas PT Pelindo III, Edy Priyanto, di Surabaya, Rabu (5/12/2012).

Sejumlah fasilitas yang akan dikembangkan di pulau yang memiliki area perairan seluas 17,2 hektare itu antara lain, area olahraga air, tempat perkemahan, restoran, keramba ikan laut, dan penginapan. Rencana penambahan fasilitas itu diharapkan rampung pada 2014 mendatang.

"Pulau Wisata Karang Jamuang diharapkan menjadi alternatif wisata bahari di Surabaya bagi turis asing maupun lokal," kata Edy.

Setelah resmi beroperasi, Pulau Karang Jamuang akan masuk dalam daftar paket perjalanan wisata bahari. Sehingga wisatawan yang membeli paket perjalanan wisata bahari akan dibawa ke sekitar perairan Tanjung Perak, Monumen Jalesveva Jayamahe, Jembatan Suramadu dan langsung ke pulau yang masuk di wilayah Kabupaten Bangkalan itu.

"PT PMS sudah menyiapkan satu unit kapal wisata Artama III Harbour Cruise berkapasitas 40 orang untuk sarana transportasi wisatawan dalam paket perjalanan wisata bahari dari Pelabuhan Tanjung Perak ke Pulau Karang Jamuang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com