Kompas.com - 05/12/2012, 17:23 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

BANYUMAS, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menargetkan swasembada kedelai selambatnya pada 2013. Untuk mencapai target tersebut, akan digalakkan perluasan lahan kedelai seluas 6.000 hektar pada tahun depan.

Bupati Banyumas Mardjoko, Rabu (5/12/2012) mengatakan hal itu di sela-sela penyerahan 29 unit traktor tangan kepada sejumlah kelompok tani di Desa Bojongsari, Kecamatan Kembaran, Banyumas. Menurut dia, saat ini, luas lahan kedelai baru mencapai 4.000 hektar (ha). Akhir tahun depan, sitargetkan dapat diperluas menjadi 10.000 ha.

"Petani Banyumas kami minta menerapkan pola tanam bergilir, padi-padi-palawija. Artinya, menanam padi sebagai komoditas utama selama dua musim tanam berurutan dan dilanjutkan palawija untuk satu musim tanam," ujarnya.

Dia juga menyarankan kepada petani untuk membuat lubang tanam bagi biji palawija tepat di tengah pokok rumpun padi yang telah dipotong. Dengan demikian biji palawija akan tumbuh dengan baik karena pokok rumpun padi yang telah dipotong dapat menyimpan air.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Dinpertanbunhut) Banyumas Widarso berharap, para petani dan ketua kelompok tani tidak enggan berkoordinasi dan berkonsultasi dengan dinas pertanian terkait peningkatan produksi pertanian.

Mengenai bantuan traktor tangan, Widarso juga meminta para penerima bantuan dapat menggunakan alat tersebut sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas pengolahan lahan pertanian. Terkait mekanisme penggunaannya diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing kelompok tani. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.