Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Garap Pembangunan Bandara Kualanamu dan Juanda

Kompas.com - 05/12/2012, 15:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura mempercayakan PT Waskita Karya sebagai kontraktor pengerjaan dua proyek pembangunan bandar udara bertaraf internasional, yakni Bandara Internasional Kualanamu Medan dengan nilai kontrak sebesar Rp 394 miliar dan Bandara Internasional Juanda Surabaya sebesar Rp 388 miliar. PT. Waskita karya sendiri menargetkan akan menyelesaikan proyek ini pada November 2013.

"Kami optimistis pengerjaan Bandara Kualanamu akan selesai pada Desember 2012 sehingga dapat selesai dan dioperasikan pada 2013. Kalau Bandara Internasional Juanda, untuk pembangunan terminal selatannya kami menargetkan selesai pada November 2013," ujar Direktur Utama Waskita Karya, M. Choliq, di Jakarta, Rabu (5/12/2012).

Dia mengatakan, proses pembangunan Bandara Kualanamu sejauh ini telah mencapai 84%. Sementara itu, penyelesaian pekerjaan Bandara Internasional Juanda mencapai 46% dari target sebelumnya sebesar 17%.

"Kami yakin akan selesai sesuai target, bahkan lebih cepat dari target yang telah ditentukan sebelumnya. Saya sangat puas dengan kinerja tim dan tentu berharap kedua proyek ini selesai lebih cepat agar masyarakat dapat segera menikmatinya," kata Choliq.

Adapun dalam proyek Bandara Kualanamu, lanjut Choliq, Waskita melakukan Pekerjaan Tanah Tahap III, Perbaikan Tanah dan Aeronautical Pavement Runway (Paket-4) sepanjang 3.750 meter. Untuk pembangunan Bandar Udara Internasional Juanda, salah satu kontraktor berpelat merah ini dipercaya PT Angkasa Pura I untuk melakukan proyek desain dan pengerjaan terminal selatannya. 

Angkasa Pura sendiri menargetkan Bandara Internasional Kualanamu sebagai bandara transit internasional agar dapat memudahkan masyarakat yang ingin melakukan penerbangan luar negeri. Lebih lanjut, bandara internasional ini diharapkan akan membawa dampak ekonomi lebih besar bagi daerah karena meningkatnya arus pergerakan penumpang di daerah ini.

"Untuk Bandara Kualanamu ini saya yakin beroperasi tepat waktu pada Maret 2013 nanti. Bayangkan kalau ini sudah bisa beroperasi, warga daerag juga akan menikmati dampak kemajuannya," katanya. 

Sementara itu, Direktur PT Angkasa Pura, Tommy Soetomo, mengatakan kedua proyek ini diharapkan bisa menjadi solusi kepadatan Bandara Internasional Juanda yang telah melebihi kapasitas sesungguhnya. Pertumbuhan jumlah penumpang angkutan udara di Bandara Internasional Juanda merupakan faktor pemicu kepadatan yang terjadi dengan peningkatan arus penumpang menjadi 12 juta pertahun.

"Bandara Juanda yang kita kenal sekarang kan hanya mampu menampung 6,5 juta penumpang per tahun, sedangkan jumlah penumpang per tahunnya mencapai 11 hingga 12 juta orang, sehingga kami harapkan pembangunan bandara Juanda terminal selatan ini bisa tepat waktu dan tepat anggarannya," kata Tommy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com