Kompas.com - 04/12/2012, 22:14 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

AMBON, KOMPAS.com  — Pemerintah Kabupaten Buru bersama aparat keamanan akan kembali mengupayakan penutupan areal tambang emas di Kabupaten Buru, Rabu (5/12/2012). Ribuan petambang emas tradisional tidak akan boleh lagi beroperasi di sana.

"Saya bersama Kapolda Maluku Brigadir Jenderal (Pol) Muktiono dan Pangdam XVI/Pattimura Mayor Jenderal Eko Wiratmoko akan kembali mengupayakan penutupan tambang emas. Setelah penutupan, seluruh penambang emas tradisional harus kembali ke daerah mereka masing-masing," kata Bupati Buru Ramly Umasugi, Selasa (4/12/2012).

Berulangkali upaya penutupan areal tambang dilakukan pemerintah, tetapi selalu gagal. Ramly yakin penutupan kali ini akan berhasil karena sudah ada dukungan dari seluruh masyarakat adat. "Banyak dampak negatif sehingga sekarang semuanya meminta tambang ditutup," ujarnya.

Dampak negatif itu tidak hanya bentrokan dan pembunuhan yang sering terjadi, tetapi juga kerusakan lingkungan akibat penggunaan merkuri untuk mengolah material yang mengandung emas, dan meningkatnya harga bahan-bahan kebutuhan pokok.

Wakil Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Maluku Edwin Huwae menilai tidak ada niat dari pemerintah dan aparat keamanan untuk betul-betul menutup tambang. Ini membuat para petambang kembali beroperasi di areal tambang.

Kuat dugaan ini terjadi karena sudah banyak kepentingan bermain di areal tambang emas. Ada oknum birokrat dan aparat keamanan yang ikut mengambil untung dari emas yang ditemukan di Buru. Hal ini otomatis membuat penutupan areal tambang untuk selamanya sangat rumit. "Penutupan yang sebenarnya mudah menjadi sangat sulit," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.