Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heryawan Diutus Langsung Mendagri Klarifikasi Aceng

Kompas.com - 04/12/2012, 01:05 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku ditugaskan oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi untuk mengklarifikasi perbuatan yang dilakukan Bupati Garut Aceng HM Fikri yang menikahi dan menceraikan Fani Oktora dalam waktu empat hari. Senin (3/12/2012) malam, Heryawan telah bertemu dengan Aceng untuk meminta penjelasan masalah tersebut.

"Jadi saya atas nama kepala pusat di Jawa Barat, ditugaskan Pak Mendagri untuk mengklarifikasi Bupati Garut terkait perlakuannya," ujar Heryawan seusai melakukan perbincangan tertutup dengan Aceng di Gedung Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata, Bandung, Jawa Barat, Senin (3/12/2012).

Pertemuan keduanya berlangsung selama kurang dari dua jam. Aceng datang dengan mobil Honda Accord warna hitam berpelat nomor Z 90 GI pukul 19.44 WIB dan keluar pukul 21.15 WIB. Heryawan menyatakan sudah melakukan klarifikasi kepada Aceng terkait perbuatannya yang melangggar etika yang seharusnya tidak dilakukan oleh Aceng selaku pejabat publik.

"Ya, tadi Bupati sudah mengaku bahwa yang mencuat di publik itu benar, Bupati telah menikahi gadis 19 tahun, Fani Oktora, secara siri selama empat hari, kemudian setelah itu langsung menceraikannya karena ketidakcocokan. Tidak tahu ketidakcocokannya karena apa, bisa ditanyakan langsung kepada Bupati," ujar Heryawan.

Menurut Heryawan, klarifikasi itu merupakan tugas Mendagri. Heryawan ditugaskan mengklarifikasi dan melaporkannya kepada Mendagri. "Saya sudah menulisnya secara lengkap, nanti saya akan laporkan ke Mendagri," ujarnya. Untuk masalah sanksi, Heryawan mengaku hal itu bukan wewenangnya, melainkan wewenang Mendagri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com