Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Konflik Sosial dengan Deteksi Dini

Kompas.com - 02/12/2012, 22:14 WIB
Kris R Mada

Penulis

BATAM, KOMPAS.com- Konflik sosial dapat dicegah dengan deteksi dini dan pendekatan persuasif aparat kepada masyarakat. Pendekatan persuasif memperkecil potensi penggunaan pendekatan keamanan yang semakin sulit diterapkan.

Komandan Kodim 0316/Batam Letnan Kolonel A Rizal Ramadhan mengatakan, daerah majemuk dan dinamis seperti Batam tergolong rawan konflik. Peluang gesekan antarkelompok terbuka karena latar belakang dan kepentingan yang beragam.

"Kami harus bisa mendekati semua elemen masyarakat. Pendekatan akan memudahkan deteksi dini potensi kerawanan sosial," ujarnya, Minggu (2/12/2012) di Batam, Kepulauan Riau.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan pimpinan daerah dalam pencegahan konflik. Para bupati, wali kota, komandan Kodim, dan Kepala Polres disebut Presiden Yudhoyono sebagai pihak yang paling tahu kehidupan masyarakat sehari-hari (Kompas, 1/12).

Rizal mengatakan, penanganan kerawanan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pendekatan keamanan pilihan terakhir, walau tetap dimungkinkan oleh undang-undang.

"Kami mengutamakan pendekatan persuasif, berbicara dengan masyarakat. Dengan begitu, masyarakat tidak segan membantu aparat menjalankan tugas," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com