Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambon Tercepat e-KTP di Indonesia Timur

Kompas.com - 02/12/2012, 17:59 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Ambon meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai kota yang paling banyak dan tercepat dalam melakukan perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) program tahun 2011. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, kepada Wakil Wali Kota Ambon Sam Latuconsina di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, pekan kemarin.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, Kota Ambon menerima penghargaan terbaik pertama atas pembuatan e-KTP, karenanya Kota Ambon mendapatkan hadiah satu unit mobil Kijang Innova.

"Kita menerima penghargaan dari Menteri, jadi tiap wilayah mendapatkan hadih, dimana untuk Kota Ambon diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Ambon M.A.S Latuconsina," kata Richard kepada wartawan, Minggu (02/12/2012).

Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kota Ambon Din Tuharea mengatakan, pemberian penghargaan dibagi menjadi tiga kategori yakni kategori Indonesia bagian barat, Indonesia bagian tengah, dan Indonesia bagian Timur. Di mana Jakarta Timur menjadi terbaik pertama untuk kategori Indonesia bagian Barat disusul Palembang, Sumatera Selatan, dan Sidoarjo, Jawa Timur.

Untuk kategoti Indonesia bagian tengah, terbaik pertama diraih Banjarmasin, Kalimantan Selatan; Kabupaten Badung, Bali terbaik kedua dan; Palu, Sulawesi Tengah untuk terbaik ketiga.

Sedangkan di Indonesia bagian timur, Kota Ambon, Maluku menjadi terbaik pertama; Kabupaten Merauke-, apua terbaik kedua, dan; Ternate, Maluku Utara terbaik ketiga.

"Atas penghargan itu setiap kota maupun kabupaten yang meraih penghargaan terbaik pertama mendapatkan hadiah berupa satu unit mobil Kijang Innova. Sedangkan untuk terbaik kedua mendapat hadiah satu unit Avanza, serta satu unit sepeda motor untuk terbaik ketiga," jelasnya.

Menurutnya, penghargaan ini diberikan karena dinilai berhasil melaksanakan program e-KTP tercepat. "Ada 10 kabupaten/kota yang dinilai berdasarkan kriteria tercepat, ada 10 kabupaten/kota yang dinilai melampaui target," katanya.

Dia mengaku, Kota Ambon menetapkan 92 persen pembuat e-KTP, dimana waktu yang ditetapkan Pemkot Ambon kepada masyarakat sampai 30 April 2012, sehingga apa yang ditargetkan dapat tercapai dengan baik.

"Capaian target pembuatan e-KTP per hari lebih tinggi dari kabupaten lain di Indonesia," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com