Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garda Bangsa Usulkan PKB Usung Khofifah

Kompas.com - 01/12/2012, 09:39 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Aksi dukung mendukung cagub Jawa Timur mulai muncul di internal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Garda Bangsa mengusulkan agar PKB mengusung Kofifah Indar Parawansa menjadi calon gubernur Jawa Timur.

Salah satu badan otonom PKB itu menilai, Khofifah layak menjadi Cagub Jatim selain karena berpengalaman di pemerintahan, Khofifah adalah kader PKB dan representasi kalangan Nahdatul Ulama.

''Jatim sudah waktunya dipimpin kalangan nahdiyin, karena secara sosial politik, Jatim didominasi warga NU,'' kata Ketua Umum DKN Garda Bangsa, M Hanif Dhakiri, Jumat (30/11/2012) petang.

Sebagai kader NU, mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan itu juga memiliki massa pendukung riil, karena saat ini Kofifah menjabat sebagai Ketua Umum Muslimat NU.

''Elektabilitasnya di Jatim tidak perlu diragukan, tinggal memilih pasangan yang tepat saja buat Khofifah untuk merebut kursi gubernur Jatim,'' terangnya.

Sebelumnya, PKB merekomendasi dua nama kadernya untuk bertarung di Pilgub Jatim. Selain Khofifah, Wagub Jatim Saifullah Yusuf disebut layak menjadi calon yang diusung PKB.

Jajak pendapat termasuk dari kalangan ulama NU di Jawa Timut kini tengah dilakukan terhadap dua nama kandidat itu.

Khofifah Indar Parawansah pada Pilgub Jatim 2008 lalu berpasangan dengan Mujiono dari TNI. Dia menjadi lawan berat pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf hingga putaran ketiga Pilgub yang diputuskan Mahkamah Konstitusi digelar hanya di empat kabupaten di Pulau Madura.

Keputusan itu menyusul dugaan kasus pemalsuan Daftar Pemilih Tetap (DPT). (K15-11)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com