Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Kesehatan Rp 1 Triliun Tidak Terserap

Kompas.com - 01/12/2012, 04:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Anggaran senilai Rp 1 triliun untuk program kesehatan mengendap. Sampai akhir November, Kementerian Kesehatan belum memberikan dokumen pendukung lengkap untuk pencairan. Padahal, sebagian anggaran sedianya untuk membangun puskesmas.

Anggaran Rp 1 triliun itu merupakan anggaran tambahan untuk Kemkes yang dialokasikan saat pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2012 pada pertengahan tahun. Total anggaran Kemkes Rp 31,2 triliun.

Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo, Jumat (30/11), seusai sholat Jumat, menyatakan, sebagian tambahan anggaran yang dialokasikan dalam APBN-P 2012 kemungkinan tidak akan terserap sampai akhir tahun. Alasannya, sampai akhir November, kementerian dan lembaga pemerintah terkait belum memberikan dokumen lengkap untuk pencairan anggaran.

Salah satunya, Kemkes. Anggaran untuk pembangunan fasilitas kesehatan senilai Rp 1 triliun dipastikan tidak terserap sampai akhir tahun.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Herry Purnomo menyatakan, Kemkes belum melengkapi persyaratan standar, di antaranya penjelasan peruntukan ataupun persetujuan dari komisi terkait di Dewan Perwakilan Rakyat.

Selain Kemkes, ada pula kementerian yang mendapat alokasi tambahan Rp 1,4 triliun, tetapi kemungkinan hanya bisa menyerap Rp 300 miliar. Kementerian lain mendapat Rp 600 miliar, tetapi mungkin tak bisa menyerap karena kurang data pendukung. (LAS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com