Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Karya SMKN 2 Terbanggi Dipamerkan

Kompas.com - 30/11/2012, 21:52 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Mobil merek Esemka buatan SMK Negeri 2 Terbanggi Besar, Lampung Tengah, dipamerkan pada acara pelantikan pengurus Kadin Wilayah Lampung, Jumat (30/11/2012) malam. Dua unit mobil yang dipamerkan ini terdiri dari satu unit truk mini dan sebuah  sport utility vehicle.

Kedua mobil rakitan siswa-siswa SMKN 2 Terbanggi Besar ini diperlihatkan di Hotel Novotel Bandar Lampung.

Joni Syarif, Kepala SMKN 2 Terbanggi Besar, mengatakan, sekolahnya merupakan bagian dari 23 SMK di Tanah Air yang memproduksi mobil merek Esemka. "Di Sumatera, baru SMKN 2 yang dipercaya memproduksi mobil ini," ujarnya.

Untuk mobil mini truk, 90 persen dari total komponennya diproduksi di dalam negeri. Sementara itu, untuk tipe sport utility vehicle (SUV), 90 persen komponen, termasuk mesin, diperoleh dari Jepang dengan bekerja sama dengan Mitsubishi.

Sekilas, fisik mobil tipe ini mirip dengan tampilan Nissan X-Trail. "Itu (tipe SUV) baru kami rakit seminggu. AC-nya belum ada," ujarnya.

Oleh karena masih baru, kedua mobil ini belum diberi nama oleh PT Esemka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com