Kompas.com - 30/11/2012, 21:52 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Mobil merek Esemka buatan SMK Negeri 2 Terbanggi Besar, Lampung Tengah, dipamerkan pada acara pelantikan pengurus Kadin Wilayah Lampung, Jumat (30/11/2012) malam. Dua unit mobil yang dipamerkan ini terdiri dari satu unit truk mini dan sebuah  sport utility vehicle.

Kedua mobil rakitan siswa-siswa SMKN 2 Terbanggi Besar ini diperlihatkan di Hotel Novotel Bandar Lampung.

Joni Syarif, Kepala SMKN 2 Terbanggi Besar, mengatakan, sekolahnya merupakan bagian dari 23 SMK di Tanah Air yang memproduksi mobil merek Esemka. "Di Sumatera, baru SMKN 2 yang dipercaya memproduksi mobil ini," ujarnya.

Untuk mobil mini truk, 90 persen dari total komponennya diproduksi di dalam negeri. Sementara itu, untuk tipe sport utility vehicle (SUV), 90 persen komponen, termasuk mesin, diperoleh dari Jepang dengan bekerja sama dengan Mitsubishi.

Sekilas, fisik mobil tipe ini mirip dengan tampilan Nissan X-Trail. "Itu (tipe SUV) baru kami rakit seminggu. AC-nya belum ada," ujarnya.

Oleh karena masih baru, kedua mobil ini belum diberi nama oleh PT Esemka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.