Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Diimbau Tak Kibarkan Bintang Kejora

Kompas.com - 29/11/2012, 09:39 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Resor Kota Jayapura AKPB Alfred Papare mengingatkan agar warga setempat tidak melakukan aksi unjuk rasa dan mengibarkan bendera Bintang Kejora pada 1 Desember 2012.

"Kami mengimbau dan mengingatkan agar kepada segenap lapisan masyarakat dan siapapun itu yang ada di kota ini agar tidak berbuat hal yang melanggar hukum. Tidak boleh ada pengibaran BK, termasuk aksi unjuk rasa," katanya di Jayapura, Kamis (29/11/2012).

Ia menegaskan bahwa aparat kepolisian tidak segan-segan mengambil tindakan tegas jika imbauan itu diabaikan.

"Apabila dilaksanakan oleh masyarakat atau kelompok tertentu baik itu kibarkan BK atau aksi unjuk rasa, kami tetap akan mengambil tindakan hukum. Kami juga imbau kepada masyarakat Jayapura agar tetap ikut menjaga kota yang kita cintai ini aman dan kondusif," katanya.

Terkait pengamanan 1 Desember nanti yang diklaim sebagai hari bersejarah bagi sejumlah pihak, Kapolres Alfred mengatakan akan menambah dua pos pengamanan di Kampung Buton, Dsitrik Abepura dan Kilometer Sembilan Distrik Muara Tami.  Termasuk dengan menambah personil yang bertugas di sejumlah pos polisi yang ada.

"Anggota yang ditugaskan ditiap pos berjumlah 10 orang, dan hari ini sudah mulai siaga hingga 2 Desember nanti," katanya menambahkan.

Pihaknya akan melakukan patroli jalan kaki kesejumlah perbukitan di Abepura, Buper Waena, Nafri dan belakang kantor Wali Kota Jayapura.

"Sesuai dengan perintah Bapak Kapolda Papua bahwa lebih mengedepankan turun langsung ke lapangan melihat persoalan yang dihadapi masyarakat," ujar dia.

"Dan tindakan prefentif langsung turun ke lapangan itu telah kami lakukan," tambahnya seraya berharap pada 1 Desember nanti tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, sejumlah kelompok organisasi yang ada di Jayapura seperti Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Solidaritas Hukum/HAM Demokrasi Rakyat Sipil Papua (SHDRP), West Papau National Authority (WPNA), Dewan Adat Papua (DAP) dan Penjaga Tanah Papua (PETAPA) menyatakan akan merayakan ibadah syukur pada 1 Desember nanti di Makam Theys, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Namun, mereka berjanji tidak akan mengibarkan bendera Bintang Kejora pada 1 Desember nanti.

"Yang kami lakukan pada 1 Desember nanti adalah hanya ibadah syukur di makam Theys di Sentani, Kabupaten Jayapura," kata Wim Wedlama, juru bicara KNPB mewakili sejumlah organisasi tersebut.

Gabungan organisasi tersebut juga meminta dan menghimbau kepada semua pihak untuk tidak perlu takut dengan perayaan 1 Desember 2012. "Kami juga meminta kepada aparat agar tidak bertindak represif kepada warga Papua yang merayakan 1 Desember," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com