Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Siapkan Pengawal Pribadi Pasangan Calon

Kompas.com - 28/11/2012, 22:33 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013 - 2018 yang akan berkompetisi pada Pilgub Jabar, 24 Februari 2013 mendatang, masing-masing akan mendapat pengawal pribadi dari anggota kepolisian. Hal itu diungkapkan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat Brigjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya kepada Kompas.com, Rabu (28/11/2012).

Menurut Anis, pengawalan kepada masing-masing calon akan diberikan mulai dari masa kampanye hingga proses pemungutan suara. Hal itu dilakukan demi menjaga keselamatan para calon. Sebab, suasana pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat akan sangat menegangkan.

Anis menjelaskan, masing-masing pasangan cagub dan cawagub akan dikawal enam anggota polisi dari Sabhara dan Brimob Polda Jabar. Keenam anggota polisi itu dibagi menjadi dua kelompok, yakni pengawalan pribadi (walpri) 3 orang dan pengawalan melekat (walkat) juga 3 orang.

"Jadi, tiga walpri itu akan melakukan pengawalan kemana pun pasangan itu pergi. Sementara tiga walkat mengawal di lingkungan tempat tinggalnya, termasuk mengawasi gerak gerik pasangan tersebut," tegas Anis kepada wartawan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Rabu, (28/11/2012).

Anis menambahkan, pengawalan itu akan diberlakukan setelah kelimanya mendapatkan nomor urut dan resmi ditetapkan sebagai pasangan cagub-cawagub. Pengawalan itu akan mulai dilakukan sejak masa kampanye hingga proses pemungutan suara.

"Saat ini tiga puluh anggota itu sudah kami persiapkan dan mulai kita genjot dengan melakukan berbagai macam pelatihan-pelatihan khusus," pungkasnya.

Seperti diketahui, pasangan cagub-cawagub Jabar terdapat lima pasangan dengan jumlah kandidat 10 calon. Mereka adalah, incumbment Ahmad Heryawan - Deddy Mizwar, incumbment Dede Yusuf - Lex Laksamana, Rieke Diah Pitaloka - Teten Masduki, Irianto MS. Syarifudin - Tatang Farhanul Hakim dan pasangan independen Dikdik Mulyana Arif Mansur - Cecep NS Toyib. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat Brigjen Pol (K76-12)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com