Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMK Diajak Dukung Mobil Esemka

Kompas.com - 27/11/2012, 14:13 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemasaran mobil esemka sebagai mobil nasional yang dikembangkan dengan melibatkan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri dan swasta siap dilaksanakan PT Solo Manufaktur Kreasi (PT Esemka) yang berpusat di Solo.

Dalam mengembangkan bisnis mobil esemka ini, dukungan modal diutamakan dari SMK-SMK Indonesia. "Kami mau mobil esemka yang dirintis dengan melibatkan siswa SMK Indonesia, tetap berkomitmen melibatkan SMK. Karena itu, untuk permodalan pun kami mengajak SMK terlibat lewat Koperasi karyawan SMK," kata Joko Sutriso, mantan Direktur Pembinaan SMK, Kemendikbud, di Jakarta, Selasa (27/11/2012).

PT Solo Manufaktur Kreasi yang dirintis keluarga besar SMK  dalam wadah koperasi telah mendapat izin berdagang mobil produk putra Indonesia dengan merk esemka. PT Esemka akan menerbitkan sertifikat saham sebanyak 100.000 lembar dengan harga Rp 1 juta/lembar. Selanjutnya Koperasi SMK se-Indonesia diharapkan dapat membelinya sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Laporan keuangan perkembangan PT SMK disampaikan kepada pemegang saham setiap triwulan. "Dukungan dari SMK ini dibutuhkan dalam menciptakan lapangan kerja bagi lulusan SMK di seluruh Indonesia," jelas Joko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com