Kompas.com - 27/11/2012, 14:13 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemasaran mobil esemka sebagai mobil nasional yang dikembangkan dengan melibatkan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri dan swasta siap dilaksanakan PT Solo Manufaktur Kreasi (PT Esemka) yang berpusat di Solo.

Dalam mengembangkan bisnis mobil esemka ini, dukungan modal diutamakan dari SMK-SMK Indonesia. "Kami mau mobil esemka yang dirintis dengan melibatkan siswa SMK Indonesia, tetap berkomitmen melibatkan SMK. Karena itu, untuk permodalan pun kami mengajak SMK terlibat lewat Koperasi karyawan SMK," kata Joko Sutriso, mantan Direktur Pembinaan SMK, Kemendikbud, di Jakarta, Selasa (27/11/2012).

PT Solo Manufaktur Kreasi yang dirintis keluarga besar SMK  dalam wadah koperasi telah mendapat izin berdagang mobil produk putra Indonesia dengan merk esemka. PT Esemka akan menerbitkan sertifikat saham sebanyak 100.000 lembar dengan harga Rp 1 juta/lembar. Selanjutnya Koperasi SMK se-Indonesia diharapkan dapat membelinya sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Laporan keuangan perkembangan PT SMK disampaikan kepada pemegang saham setiap triwulan. "Dukungan dari SMK ini dibutuhkan dalam menciptakan lapangan kerja bagi lulusan SMK di seluruh Indonesia," jelas Joko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.