Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragu Gencatan Senjata, Massa HMI Demo Lagi

Kompas.com - 26/11/2012, 13:06 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Meskipun gencatan senjata antara kubu Palestina maupun Israel telah dilakukan, namun kecaman terhadap konflik yang terjadi pada kedua negara itu terus berlangsung. Di Kota Kediri, Jawa Timur, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) juga menggelar unjukrasa guna mengecam konflik tersebut, Senin (26/11/2012).

Ketua Cabang HMI Kota Kediri, Miftah Farid mengatakan, meskipun sudah ada gencatan senjata namun tidak mutlak menjamin stabilitas keamanan. Aksi tersebut dilakukan karena meragukan efektivitas gencatan senjata, terutama niat tulus pihak Israel yang cenderung ingkar janji. "Gencatan senjata bagi Israel hanya tekstual saja, buktinya maghrib kemarin masih ada kontak senjata," kata Miftah Farid di sela-sela aksi.

Demo kali ini merupakan bentuk desakan kepada para pihak, terutama Badan Perserikatan Bangsa-bangsa agar semakin peduli dengan kondisi yang ada. "Selain solidaritas kami kepada Palestina, aksi ini sekaligus menandaskan agar PBB mengawasi ketat gencatan senjata itu," imbuhnya.

Sementara, aksi tersebut mereka gelar di Alun-alun Kota Kediri dengan diikuti oleh puluhan personil. Mereka menyampaikan aspirasinya melalui selebaran, spanduk serta dalam materi orasinya. Mereka juga menggelar aksi teatrikal yang menggambarkan kegigihan perjuangan rakyat Palestina di tengah keterbatasan dalam melawan negara Israel yang dikenal mempunyai persenjataan modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com