Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sisa 35 Imigran di Mataram

Kompas.com - 23/11/2012, 20:32 WIB
Khaerul Anwar

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Imigran dari berbagai negara, kini tersisa 35 orang yang berada di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Jumlah yang tersisa itu, bagian dari sekitar 182 imigran asal Afganistan dan Irak yang sebagian besar sudah dikirim ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) di beberapa daerah.  

"Kami masih menunggu ada Rudenim yang kosong. Begitu ada Rudenim yang kosong, mereka segera kami kirim," ujar Dorhan,, Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Kantor Imigrasi Mataram, Jumat (23/11/2012) di Mataram.

Imigran itu ditampung sementara di sebuah hotel di Mataram, karena Kantor Imigrasi Mataram tidak memiliki Rudenim. Seperti dua minggu terakhir ini, sebanyak 17 imigran dari Mataram ke Rudenim Manado, Sulut, dan lima lainnya ke Rudenim Bali.

Pertengahan Agustus lalu, 50 imigran asal Vietnam ke Rudenim Makassar, dan empat imigran asal Iran ke Rudenim Kupang, Nusa Tenggara Timur. Mereka meninggalkan negaranya, karena tidak tahan oleh gejolak keamanan di dalam negeri.

Tujuan utamanya ke Australia, menumpang kapal motor, singgah di berbagai tempat di antaranya di perairan Pulau Lombok dan Sumbawa, berinteraksi dengan warga sekaligus menambah bekal mereka dalam perjalanan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com