Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rel di Cilebut Jeblos karena Digenangi Air

Kompas.com - 22/11/2012, 14:27 WIB
Noory Okthariza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeblosnya tanah dan rel kereta di Cilebut, Bogor, diduga disebabkan air yang menggenang di lokasi sejak Sabtu (17/11/2012) malam. Air berasal dari luapan air Kali Cipakancilan

"Ini kali yang terus menyempit. Sepuluh tahun lalu lebarnya 17 meter. Sekarang bisa Anda lihat sendiri. Akibatnya kali ini tidak mampu menahan debit air," kata Jonan di lokasi amblasnya rel, Kamis (22/11/2012) siang.

Hingga Rabu (21/12/2012) sore kemarin, sebelum amblas, air menggenangi rel setinggi lutut orang dewasa. "Kalinya memang lebih tinggi dari jalan. Makanya kita pagari kali dengan beton. Tapi kemarin karena hujan lebat air meluap sampai rel," jelas Taufik Hidayat, Kepala Desa Cilebut Timur.

Rembesan air dari Kali Cipakancilan, kata Taufik, memang selalu menggenangi jalan setiap kali hujan deras. "Kalau sampai ke rel sih jarang, Mas. Cuma pas kemarin aja karena hujan deras lama," ungkapnya.

Sementara Jonan mengaku tidak memiliki kewenangan mengatasi soal penyempitan kali disebelah rel ini. "Kita sebenarnya terus melakukan perawatan dan penguatan rel secara berkala. Tapi ini kan (air kali) tidak bisa dihentikan kalau hujan," kata Jonan lagi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com