Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Lintasan Bojong Gede-Cilebut Butuh Dua Hari

Kompas.com - 22/11/2012, 11:44 WIB
Antony Lee

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com -- Jalur kereta rel listrik Cilebut-Bojong Gede yang terputus akibat longsor di kilometer 45+500 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/11/2012) petang, diperkirakan baru akan bisa dilalui paling cepat dalam dua hari. Perbailan rel bisa lebih lama jika terganggu cuaca.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Sugeng Priyono mengatakan, dua hari mendatang diharapkan satu jalur sudah bisa dilintasi KRL. Oleh karena itu, pada Kamis dan Jumat, pihaknya berupaya memutus kabel listrik aliran atas agar longsor tidak semakin merusak jaringan listrik tersebut.

"Kami mengetahui bagaimana KRL menjadi tumpuan transportasi masyarakat Bogor, sehingga kami akan upayakan satu jalur dahulu bisa digunakan," kata Sugeng, Kamis (22/11/2012) di Cilebut, Sukaraja.

Menurut dia, perjalanan KRL Jakarta-Depok berlangsung seperti biasa, sedangkan Bogor hanya dilayani hingga Stasiun Bojong Gede. Akibat gangguan itu, sedikitnya 32 perjalanan lintas Bogor dibatalkan hingga jalur bisa dilalui. Dengan begitu, setidaknya kapasitas angkut KRL Jakarta-Bogor berkurang sekitar 30.000.

Jalur rel sepanjang 200 meter longsor akibat banjir dari luapan Kali Baru sekitar 50 meter dari rel kereta, Rabu petang. Akibat gangguan itu, jalan antara Bogor-Cilebut-Bojong Gede macet parah karena kendaraan pengangkut penumpang menuju dan dari Bojong Gede membeludak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com