Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Lampung Terharu Hadiri Deklarasi Damai

Kompas.com - 21/11/2012, 20:39 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

KALIANDA, KOMPAS.com- Gubernur Lampung Sjachroedin ZP mengaku terharu menghadiri deklarasi damai warga dari berbagai etnis di Lampung Selatan, Rabu (21/11/2012).

"Jujur, saya sempat terharu. Peristiwa 28-29 Oktober lalu yang sempat menciderai Hari Sumpah Pemuda menjadi pembelajaran yang berharga untuk kita semua. Kita semua di Lampung bersaudara. Semuanya sudah campur-campur. Seperti bupati (Lampung Selatan, Rycko Menoza) ini kan campuran Lampung-Jawa," ujarnya.

Rycko Menoza adalah putera dari Sjachroedin ZP hasil pernikahannya dengan Truly ZP yang merupakan keturunan Jawa. Dalam acara deklarasi itu, Rycko Menoza juga turut hadir.

Sjachroedin merasa prihatin dengan kerusuhan bernuansa sentimen antar-etnis yang beberapa kali terjadi di Lampung Selatan. "Orang Lampung itu dikenal punya filosofi yang baik, yaitu nemui nyimah, terbuka dan ramah kepada semua orang. Piil pesenggiri itu bukan untuk membela harga diri, melainkan malu kalau tidak berbuat baik," ujar warga ulun (asli) Lampung ini.

Menurut Gubernur, serangkaian konflik yang terjadi di Lampung Selatan akhir-akhir ini hanya akan merugikan. Pembangunan daerah menjadi terhambat. Untuk mencairkan suasana, di sela-sela pidatonya di hadapan ribuan warga, ia pun sempat melantunkan lagu Kau Bukan Dirimu Lagi yang dipopulerkan penyanyi Dewi Yul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com