Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perekaman Data e-KTP di Gresik Capai 95 Persen

Kompas.com - 20/11/2012, 18:36 WIB
Adi Sucipto

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com — Perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mencapai 95 persen atau 766.000 dari target 854.000 dari penduduk wajib ber-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gresik Sumarno, Selasa (20/11/2012), menyatakan, data potensial pemilih dalam pemilihan umum sudah terpenuhi. Penyelesaian fisik kartu e-KTP di Gresik diperkirakan selesai Mei 2013. Sebelum dibagikan, e-KTP tersebut perlu diaktivasi kembali dengan pencocokan data lagi, baik data retina ataupun finger print (sidik jari). KTP konvensional masih berlaku hingga 13 Oktober 2013.

Kepala Bidang Informasi Administrasi Kependudukan Adiana menambahkan, lima persen yang belum terdata terkendala data ganda, ada yang meninggal, dan pindah tempat domisili tanpa melapor. Warga yang belum terekam bisa ikut perekaman selanjutnya secara reguler sampai Oktober 2013.

Sampai saat ini, 986 data ganda sudah diverifikasi dan diperbaiki. "Setelah dibersihkan, tinggal 30 saja. Data yang tidak sesuai sebanyak 86 seperti terekam pada e-KTP tetapi tidak terdaftar dalam sistem informasi dan administrasi kependudukan," ujarnya.

Pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil sangat penting. Tujuannya memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum atas dokumen penduduk, perlindungan status hak sipil penduduk, dan mendapatkan data yang mutakhir, benar, dan lengkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com