Kompas.com - 20/11/2012, 14:45 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah melakukan aksi mogok hampir delapan jam, ratusan sopir angkot di perempatan Grogol membubarkan diri. Mereka telah mengetahui bahwa perwakilan sopir angkot di Balaikota diterima oleh Jokowi.

"Rekan-rekan, perwakilan kita di Balaikota sudah ditemui Pak Jokowi, tiga tuntutan kita juga akan dikaji kembali. Sekarang, saya minta rekan-rekan membubarkan diri," kata Karsono, koordinator lapangan aksi wilayah Jakarta Barat, berbicara di atas kap angkutan pada Selasa (20/11/2012).

Adapun tiga tuntutan yang diajukan sopir angkot adalah pembatalan biaya retribusi kir yang akan dinaikkan dari Rp 100.000 menjadi Rp 250.000. Tuntutan selanjutnya permintaan peremajaan angkot dari 7 tahun menjadi 12 tahun sesuai Pasal 52 ayat 2 diterima, dan konversi 4 angkot diubah menjadi 1 bus sedang agar dibatalkan dalam perda Jakarta.

Pembubaran sopir angkot terlihat sekitar pukul 13.00 WIB. Angkutan yang menghalangi jalur busway mulai meninggalkan lokasi aksi demo di perempatan Grogol tersebut. Mereka akan kembali menarik penumpang sesuai trayek masing-masing.

Pantauan Kompas.com, saat ini perempatan Grogol di depan Mal Ciputra sudah terlihat lengang. Tak ada lagi angkutan yang menutupi jalan yang dapat menimbulkan kemacetan.

Aksi yang dilakukan mulai pukul 06.00 WIB sampai 13.00 WIB sempat menyebabkan kemacetan yang panjang. Beberapa bus kopaja, kopami, dan transjakarta juga sempat dihentikan oleh massa yang berdemo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.