Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendemo Ditemui Jokowi, Sopir Mogok Bubarkan Diri

Kompas.com - 20/11/2012, 14:45 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah melakukan aksi mogok hampir delapan jam, ratusan sopir angkot di perempatan Grogol membubarkan diri. Mereka telah mengetahui bahwa perwakilan sopir angkot di Balaikota diterima oleh Jokowi.

"Rekan-rekan, perwakilan kita di Balaikota sudah ditemui Pak Jokowi, tiga tuntutan kita juga akan dikaji kembali. Sekarang, saya minta rekan-rekan membubarkan diri," kata Karsono, koordinator lapangan aksi wilayah Jakarta Barat, berbicara di atas kap angkutan pada Selasa (20/11/2012).

Adapun tiga tuntutan yang diajukan sopir angkot adalah pembatalan biaya retribusi kir yang akan dinaikkan dari Rp 100.000 menjadi Rp 250.000. Tuntutan selanjutnya permintaan peremajaan angkot dari 7 tahun menjadi 12 tahun sesuai Pasal 52 ayat 2 diterima, dan konversi 4 angkot diubah menjadi 1 bus sedang agar dibatalkan dalam perda Jakarta.

Pembubaran sopir angkot terlihat sekitar pukul 13.00 WIB. Angkutan yang menghalangi jalur busway mulai meninggalkan lokasi aksi demo di perempatan Grogol tersebut. Mereka akan kembali menarik penumpang sesuai trayek masing-masing.

Pantauan Kompas.com, saat ini perempatan Grogol di depan Mal Ciputra sudah terlihat lengang. Tak ada lagi angkutan yang menutupi jalan yang dapat menimbulkan kemacetan.

Aksi yang dilakukan mulai pukul 06.00 WIB sampai 13.00 WIB sempat menyebabkan kemacetan yang panjang. Beberapa bus kopaja, kopami, dan transjakarta juga sempat dihentikan oleh massa yang berdemo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com