Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Direhabilitasi, Sungai Cikasungka Keburu Banjir

Kompas.com - 19/11/2012, 19:05 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sungai Cikasungka yang menjadi sumber banjir bandang terhadap perumahan Cingcin Permata Indah di Soreang, Kabupaten Bandung, sedianya bakal direhabilitasi pada tahun anggaran 2013. Namun, sebelum proyek tersebut dilaksanakan, keburu terjadi banjir bandang.

Hal itu dikemukakan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Senin (19/11). Dia mengungkapkan alokasi dana Rp 1,7 miliar yang dipakai untuk rehabilitasi Sungai Cikasungka pada tahun anggaran 2013 mendatang.

"Sayangnya sungainya keburu banjir bandang," kata Heryawan. Dia memastikan pengucuran dana itu sudah direncanakan sebelumnya.

Sungai Cikasungka adalah satu anak sungai dari Sungai Cisangkuy yang hulunya dari daerah Pangalengan. Muara dari sungai ini adalah Sungai Citarum di daerah Baleendah.

Seperti diketahui, banjir bandang terjadi pada Minggu (19/11/2012) malam dan menyebabkan kompleks Cingcin Permata Indah terendam air hingga 2 meter. Meski surut dalam beberapa jam kemudian, rumah warga di sana mengalami kerusakan dan membutuhkan bantuan berupa pakaian bersih hingga makanan.

Banjir bandang juga merendam Mapolres Bandung dan mengganggu layanan pembuatan dokumen seperti surat keterangan kelakuan baik. Kapolres Bandung, Ajun Komisaris Besar Sandi Nugroho memastikan pelayanan tetap berlangsung seperti biasa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com