Tabrakan Kapal Bahuga Jaya dan Norgas Cathinka Disidang

Kompas.com - 19/11/2012, 17:21 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus kecelakaan kapal Bahuga Jaya dan Norgas Cathinka akan mulai disidangkan pada Selasa (20/11/2012).

Sidang akan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB di ruang sidang Mahkamah Pelayaran (beralamat di Jalan Boulevard Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara) dengan majelis hakim terdiri dari 5 orang dan sidang terbuka untuk umum.

"Sidang pertama tersebut akan menghadirkan 4 orang dari pihak Norgas Cathinka yaitu 1 orang nahkoda sebagai tersangkut (orang yang diperiksa), 1 orang mualim sebagai tersangkut, 1 orang masinis sebagai saksi, dan 1 orang kelasi sebagai saksi," kata Plt Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan JA Barata, Senin (19/11/2012) di Jakarta.

Berdasarkan keterangan dari Ketua Mahkamah Pelayaran, Boedi Setiajid, proses persidangan kasus kecelakaan tersebut akan dilakukan 3 kali yaitu pada 20 November 2012, 22 November 2012, dan 27 November 2012 sedangkan sidang putusan akan dilaksanakan pada 11 Desember.

Sidang kedua pada tanggal 22 November 2012 akan menghadirkan pihak Bahuga Jaya sedangkan pada 27 November 2012, saksi ahli dan saksi diluar pihak Bahuga Jaya dan Norgas Cathinka akan diperiksa.

Kecelakaan kapal KM Bahuga Jaya dan kapal tanker gas  Norgas Cathika terjadi di perairan Selat Sunda, pada Rabu (26/9/2012) pukul 05.40 WIB. 

Akibat tabrakan itu kapal ferry penyeberangan Bahuga Jaya yang mengangkut penumpang dari pelabuhan penyeberangan Merak tenggelam di perairan yang jaraknya  2,5 mil timur dekat Pulau Rimau Balak dan 4 mil dari Pelabuhan Bakauheni.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.