Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Daging Sapi Rp 100.000 Per Kilogram

Kompas.com - 19/11/2012, 04:50 WIB

BATULICIN, KOMPAS.com — Harga daging sapi di wilayah Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Minggu, telah menembus harga tertinggi, yaitu Rp 100.000 per kilogram, dari sebelumnya Rp 70.000 sampai Rp 80.000 per kilogram.

Tingginya harga daging sapi disebabkan para pedagang mulai kesulitan mendapatkan jumlah pasokan, menyusul naiknya harga jual ternak sapi beberapa pekan terakhir.

Seorang penjual daging sapi, Ridwansyah, di Batulicin, Minggu, mengatakan bahwa harga jual daging sapi sebenarnya sudah mulai naik sejak awal menjelang hari raya Idul Adha.

Harga daging terus meningkat sampai puncaknya bertepatan pada saat Tahun Baru Islam. Akibatnya stok daging, kata Ridwansyah, saat ini semakin terbatas. Banyak pemasok yang tidak sanggup menyediakan daging sapi akibat harganya yang melonjak.

"Informasinya saat ini harga satu sapi Rp 12 juta hingga Rp 13 juta. Harga sebelumnya Rp 8 juta hingga Rp 10 juta," kata Ridwansyah, Minggu (18/11/2012).

Ironisnya, tingginya harga daging sapi saat ini dianggap justru bertepatan dengan turunnya permintaan setelah sebelumnya sempat melonjak karena bersamaan dengan musim hajatan.

Ini juga merupakan salah satu faktor penyebab para pemasok daging sapi lebih memilih untuk tidak menyembelih sapi karena khawatir bisa merugi akibat kurangnya jumlah pembeli.

"Kalaupun masih ada yang menyembelih sapi, katanya, hanya dilakukan setiap dua hari sekali karena jumlah permintaan juga sudah mulai berkurang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com