Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat ASEAN 2015, Malaysia yang "Beruntung"

Kompas.com - 18/11/2012, 15:31 WIB
Taufik H Mihardja

Penulis

PHNOM PENH, KOMPAS.com - Malaysia akan menjadi negara anggota ASEAN yang "beruntung". Selebrasi perwujudan Masyarakat ASEAN pada tahun 2015 mendatang, akan diselenggarakan di negeri tersebut. Hal ini berkaitan dengan bergulirnya kepemimpinan ASEAN dari Kamboja pada tahun 2012 ini, kemudian beralih ke Brunei Darussalam pada 2014, dan Malaysia pada tahun 2015.

"Kita dengan penuh keyakinan akan melakukan selebrasi itu pada akhir 2015," kata Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan, dalam jumpa pers usai sesi pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-21 ASEAN, di Phnom Penh, Minggu (18/11/2012).

Ia mengungkapkan, persiapan ke arah itu sudah hampir rampung, antara 90-95 persen. Sisanya, masih dalam proses penyelesaian. "Sehingga kita akan memasuki tahun 2015 dengan penuh keyakinan diri," ujarnya.

Surin menambahkan, Brunei, dengan kepimpinan Sultan Hassanal Bolkiyah diyakini dapat melakukan pekerjaan rumah besar itu dalam sisa waktu menjelang 2015. "Meski kecil, Brunei sangat memiliki kemampuan untuk mengantar kita ke gerbang Masyarakat ASEAN," katanya,

Mewujudkan Masyarakat ASEAN memang menjadi fokus utama dalam penyelenggaraan KTT ke-21 ASEAN, yang juga dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam pembukaan KTT ke-21 ASEAN, Minggu (18/11/2012), Perdana Menteri Kamboja Hun Sen mengatakan, para pemimpin ASEAN harus mendorong para menteri yang terlibat untuk memformulasikan langkah-langkah kebijakan penting yang bisa dilaksanakan menjelang 2015.

Area-area yang penting itu menyangkut hambatan-hambatan tarif dan non-tarif, liberarisasi investasi, perhubungan dan tranportasi, mobilitas orang dan jasa profesional, reformasi peraturan-peraturan dan isu-isu kelembagaan lainnya yang mendukung terwujudnya Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Baca juga:
ASEAN Hadapi Tantangan yang Kompleks
Fokus Utama KTT ASEAN, Persiapkan Masyarakat ASEAN 2015

Hotline Komunikasi Setingkat Menlu untuk Redam Konflik di Laut China Selatan
ASEAN Serukan agar Konflik di Timur Tengah Dihentikan
Deklarasi HAM ASEAN Hormati Prinsip-prinsip HAM Universal
KTT ke-21 Dibuka PM Kamboja Hun Sen

Berita terkait pelaksanaan KTT ke-21 ASEAN dapat diikuti dalam topik:
KTT ke-21 ASEAN

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com