Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Meroket, Pedagang Daging Sapi Kediri Libur

Kompas.com - 17/11/2012, 17:14 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Mahalnya harga daging sapi juga terjadi di daerah. Di pasar besar Setono Bethek, Kota Kediri, Jawa Timur, hampir separuh jumlah pedagang daging sapi memilih libur berjualan demi menunggu stabilnya harga daging.

Selama ini pasar yang terletak di Kecamatan Kota tersebut menjadi patokan harga bagi beberapa pasar tradisional lainnya di sekitar Kediri. Di pasar tersebut terdapat sekitar 40 pedagang daging sapi.

Seorang pedagang, Arif Priyanto, mengatakan ada kenaikan harga sebesar Rp.5.000 tiap kilogram sejak 2 November lalu yang ditandai surat edaran paguyuban pemasok sapi.

Menurutnya, kenaikan harga daging yang disebabkan tingginya harga sapi tersebut membuat sebagian pedagang urung berjualan.

"Harganya sekarang Rp. 75.000/kg, sampai hampir separuh pedagang di sini nggak jualan. Yang masih jualan itu karena kasihan sama pelanggan tetapnya," kata Arif Priyanto, Sabtu (17/11/2012).

Sukarli, pedagang lainnya, juga menyampaikan hal yang sama. Menurutnya, sejak terjadi peningkatan harga membuat omsetnya menurun karena banyak konsumen yang kemudian beralih ke daging ayam.

"Saat ini daging ayam sedang murah, jadi banyak yang beralih ke sana (daging ayam)," kata Sukarli.

Sementara itu, Siti Juwariyah, seorang ibu rumah tangga yang hendak menggelar hajatan, mengaku terpaksa mengganti sebagian menu lauk pauknya dengan daging ayam.

"Saya bagi masakannya menjadi separuh daging sapi dan separuhnya daging ayam," kata Juwariyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com