Kompas.com - 16/11/2012, 16:14 WIB
|
EditorRusdi Amral

MERAUKE, KOMPAS.com -  Para petani mulai menyiapkan lahan sawah untuk menghadapi awal masa tanam padi musim rendengan tahun 2012/2013 di Kabupaten Merauke, Papua. Petani berharap masa tanam musim rendegan akan memberikan hasil memuaskan seperti pada masa tanam gadu dan musim rendengan sebelumnya.

Sugiyanto, petani yang juga pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Merauke mengungkapkan, persiapan lahan sudah mulai dilakukan dengan membersihkan sisa panen musim gadu . Ia memperkirakan awal masa tanam akan dimulai Desember-Januari. Pihaknya berharap masa tanam musim rendengan nanti akan memperoleh hasil yang baik seperti dua masa tanam sebelumya.

Menurut Sugiyanto, pada musim gadu mampu meraih hasil panen mencapai 100 sak gabah kering panen di lahan seluas 2 hektar. Kualitas beras bagus. "Harga beras juga cukup stabil Rp 6.100-6.300 per kg tergantung kualitas dan jenisnya," ujarnya.

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Merauke Bambang Dwiatmoko, produksi padi pada masa tanam musim gadu di Merauke berkisar 4 - 4,7 ton gabah kering panen per hektar. Luas luas penan gadu mencapai 13.000 hektar atau diatas target yang ditetapkan yaitu 10.249 ha.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X