Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Kapuas Saling Klaim Calonnya seperti Jokowi

Kompas.com - 16/11/2012, 14:25 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, partai-partai politik saling mengklaim bahwa calon bupati yang diusungnya memiliki kesamaan dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Edy Fahriansyah, Ketua Tim Kampanye Pasangan Calon Kepala Daerah Kapuas Muhammad Mawardi-Herson Barthel Aden, yang dihubungi dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (16/11/2012), figur yang dimajukannya dengan Jokowi sama-sama diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

"Dari sisi 'perahunya' sama. Tak hanya itu, yang paling penting Mawardi kerap berdialog dan mendengar langsung aspirasi masyarakat," tutur Edy. Dalam setiap kampanye, Mawardi juga selalu mengenakan baju kotak-kotak. Edy menambahkan, metodologi yang digunakan Mawardi dan Jokowi memiliki banyak kemiripan.

"Mawardi langsung turun ke lapangan, tak hanya saat menjelang pilkada. Bukan satu bulan sebelum pilkada baru bertemu warga," ujar Edy. Pada hari-hari biasa pun, Mawardi melakukan kegiatan itu. Bedanya hanya, Mawardi adalah petahana dan diusung banyak partai politik.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kalimantan Tengah Abdul Razak menyatakan, calon bupati Kapuas yang diusungnya, yakni Ben Brahim S Bahat, memiliki sifat jujur, apa adanya, bersahaja, dan sering keluar-masuk perkampungan seperti Jokowi. Ben berpasangan dengan Muhajirin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com