Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Video Mesum Anda Ada di Tangan Saya

Kompas.com - 16/11/2012, 02:59 WIB

Sebuah pesan pendek muncul di layar telepon genggam Widi (33) warga Cimone, Kota Tangerang, Banten. Pesan dari nomor tak dikenal itu cukup mengganggunya.

”Video mesum anda ada di tangan saya! Jika anda tidak ingin keluarga dan aparat kepolisian tahu, jangan banyak tanya!! Hubungi saja nomor ini 085397435141”, demikian bunyi pesan singkat itu.

Isi dari layanan pesan singkat (SMS) senada membuat dahi Elita (43) berkerut, Kamis (15/11) pagi kemarin.

”Kaget baca pesan seperti ini. Jelas tidak percaya karena merasa tidak melakukan itu,” kata ibu rumah tangga yang tinggal di Ciledug, Kota Tangerang.

Pesan-pesan berisi ancaman terkait video mesum itu dikirimkan oleh nomor yang sama, yaitu 085397435150. Jika penerima pesan terpancing dan menelepon ke nomor yang disebut, diduga akan dimintai sejumlah uang untuk tutup mulut.

Beberapa pengguna telepon genggam, seperti Elita, pesan ancaman video mesum itu hanya salah satu dari sederet pesan sampah yang diterimanya hampir setiap hari. Ninik (31) bahkan mengaku bisa dapat pesan sampah 2-3 kali sehari.

Mengikuti pemberitaan media massa selama setahun terakhir, ada beberapa modus penipuan lewat SMS yang cukup menghebohkan, seperti mama/ papa minta pulsa. Ada juga pesan berisi permintaan agar segera mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening tertentu.

”Saya amati, setiap kali saya habis transaksi via mobile banking atau SMS-an sama kolega yang memakai kata-kata transfer, kirim, dan uang, tidak lama kemudian SMS minta transfer itu datang,” kata Amri (34), yang bekerja di kawasan Meruya, Jakarta Barat.

Amri mengatakan, saat tidak konsentrasi, bisa jadi SMS sampah itu disangka dari teman atau kolega yang mengabarkan perubahan nomor rekening.

Elita meminta pihak operator telepon lebih ketat lagi dalam penjualan nomor perdana, terutama untuk nomor prabayar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com