Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Suro Kelilingi Benteng Tanpa Bicara

Kompas.com - 15/11/2012, 12:22 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan masyarakat Yogyakarta Kamis (15/11/2012) dini hari melakukan ritual "Tapa Bisu Mubeng Benteng" memperingati malam tahun baru Jawa 1 Suro. Acara dimulai tepat pukul 00.00 WIB.

Ritual berjalan mengelilingi benteng tanpa berbicara yang dilakukan oleh ribuan warga Yogyakarta dan sekitarnya sebagai bentuk perenungan akan perjalanan hidup selama satu tahun lalu.

Gusti Joyo saat ditemui seusai memimpin prosesi pembukaan Tirakat Mubeng Benteng di Keben Keraton Yogya mengatakan, acara ini sudah dilakukan secara turun-temurun sebagai bentuk syukur masyarakat Yogyakarta akan apa yang didapatkan.

"Dengan berjalan membisu masyarakat mencoba evaluasi segala prilaku atau perbuatannya di tahun lalu, serta meningkatkan keimanan kepada Tuhan. Di sini semua wujud syukur dan harapan ke depan lebih baik di panjatkan dalam hati," terang Gusti Joyo

Gusti Joyo menambahkan, secara khusus masyarakat Yogya mengucap bersyukur atas pengesahan RUU keistimewaan yang kurang lebih sudah 10 tahun diperjuangkan. Harapannya ke depan pemimpin dan pejabat di Yogyakarta bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan melakukan tugas-tugasnya dengan kebijaksanaan.

Prosesi arak-arakan "Tapa Bisu Mubeng benteng" dimulai dari Keben mengitari ruas jalan di luar benteng dan berakhir di Alun-alun utara Yogyakarta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com