Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Berebut Koin di Peringatan Bulan Suro

Kompas.com - 15/11/2012, 12:10 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Datangnya bulan Suro dalam penanggalan Jawa, banyak diperingati di beberapa daerah. Di Kota Kediri, Jawa Timur, kalangan budayawan dan seniman yang tergabung dalam komunitas Garuda Muka menggelar Kirab Nusantara, Kamis (15/11/2012).

Lebih dari seratus orang berpartisipasi dalam kirab yang menempuh jarak sekitar 5 kilometer dengan jalan kaki itu. Para peserta tersebut datang dari berbagai daerah dengan menampilkan identitas komunitas budaya dan kesenian masing-masing.

Sebuah panggung yang didirikan di Jalan Airlangga menjadi titik finish, sekaligus menjadi pusat ritual yang cukup menarik animo masyarakat itu. Di panggung itupula berbagai sayuran, buah-buahan serta nasi tumpeng yang sebelumnya diarak dalam kirab, menjadi rebutan warga yang sudah berkerumun sejak pagi. Dan yang paling mereka tunggu adalah tebar koin sebagai penutup kegiatan.

"Untuk mencari berkah pada bulan Suro ini dan uang koin yang saya dapat, nanti akan saya simpan," ujar Jumiati, seorang warga.

Menurut Resi Tunggul Pamenang, tetua komunitas Garuda Muka, bulan Suro merupakan hari raya bagi kaum Jawa dan kirab tersebut merupakan bentuk ungkapan syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa atas segala limpahan anugerah-Nya.

"Rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas segala karunia-Nya," kata Resi Tunggul Pamenang.

Meskipun demikian, kata pria yang masih kerabat keturunan raja Airlangga itu, dalam kirab tersebut tidak hanya diikuti oleh etnis Jawa. Beberapa etnis seperti Tionghoa juga turut serta.

"Ini menunjukkan bahwa negara ini merupakan negara Pancasila dimana dengan keberagamannya namun tetap satu," katanya. Setelah kirab tersebut juga akan digelar pementasan wayang semalam suntuk sebagai ruwatan terhadap bangsa ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com